Selamat Datang

Rabu, 04 Maret 2015

Balimau Kasai


Sekilas Tentang BALIMAU KASAI di Desa Batu Belah,Air Tiris...pada mulanya Balimau Kasai di desa Batu Belah ini dlm catatan sejarah adalah Balimau Kasai Pertama d Riau Bahkan lbh tua dr Sumbar. sdh ada sjk tahun 60'an,yg pda awalnya hya sebatas di desa batu belah saja.sdgkn arti Balimau Kasai itu adalah menyambut dtgnya bulan ramadhan dgn membersihkan diri dgn Limau dan Kasai yg identik dgn sehari sblm dtgnya ramadhan. yg pada wkt itu hya Ninik Mamak,Pemuka Masyarakat dan Panitia Pelaksana Desa Batu Belah saja yg bisa bermandikan Limau dan Kasai ini,setelah itu baru blh masyarakat byk u berebut u bisa jg mandi dgn Limau dan Kasai ini.
dan pada tahun 80'an pada masa pemerintahan Bupati Bapak Syarifuddin diangkatlah Balimau Kasai di Desa Batu Belah ini ke tingkat Kabupaten Kampar dan di tahun 96 menjadi tingkat Provinsi Riau,dan d tahun 2000 menjadi ivent wisata tahunan di akui d Menteri Pariwisata Republik Indonesia,jd seharusnya tdk ada alasan Bupati dan Gubernur u tdk Hadir di Balimau Kasai di Desa Batu Belah. tp syg srt keputusan itu entah kmn skrg rimbanya.
adapun kegiatannya selain bermandikan Limau dan Kasai, lbh d knl yaitu PAWAI SAMPAN HIASnya. yg pda awalnya hya mggnkn akik akik yg terbuat btg pisang yg d mli dr simpang batu belah hga k ujung batu belah yg skrg d knl dgn Anjungan Dermaga Balimau Kasai,Batu Belah. tp skrg sdh mgggnkn sampan dan berbentuk bangunan yg jd ajang mengasah skill jg kemampuan dlm seni dan kreatifitas dan selalu di tunggu2 tiap tahunnya,yg d mulai/Start ILIU dr Lurah Simpang Pulau,Bangkinang Seberang dgn jrk tmph d dlm air sktr 12 km dgn wkt 3 jam yg Finish d Desa Batu Belah...
adapun tntg sampan hias ini pesertanya adalah asli org batu belah sendiri,prnh pesertanya ada hga mncpi 30 sampan hias dan jg d ikuti olh yg Iliu dgn Benen yg jg prnh mencapai 10 ribuan peserta d tiap tahunnya. sambil menunggu sampan hias tiba, di anjungan d isi berbagai macam acara ceremony yg berkaitan dgn Balimau Kasai.
mmg tak dpt d pungkiri byk perubahan dan pergeseran d tiap tahun pelaksanaan Balimau Kasai d desa batu belah ini, dan jg kekurangan pastinya krn pengaruh jaman dan krg peduli dan perhatiannya pemerintah. tp kami sebagai warga batu belah ttp akan menjaga tradisi ini hga sampai nanti dan memperbaiki yg krg,harapan tentu menjadi lbh baik d tiap tahun pelaksanaannya. mola dek lai bamosamo!!!
terima kasih atas perhatiannya, mhn maaf klu ada kkrgn dlm memberi info dan kslhn dlm penulisannya. di tunggu kehadirannya di acara BALIMAU KASAI TINGKAT KAB.KAMPAR Tahun 2013 di Desa Batu Belah di hari Minggu, 7 Juli 2013...
bersumber dr: Datuok Binuong Sati/ Bapak H.Jasmiran Domo...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar