Selamat Datang

Rabu, 04 Maret 2015

Ziarah Kubur


Ziarah Kubur adalah salah salah satu kegiatan yang sering di lakukan untuk mendoakan mereka yang sudah mendahului kita. Biasanya di lakukan setiap bulan ramadhan dan juga setelah lebaran. Di Kabupaten Kampar, tepatnya di Kecamatan Bangkinang, Ziarah kubur juga sering di lakukan dan sudah menjadi salah satu event dan juga tradisi bagi masyarakat Ocu Kampar.

Kegiatan ini di lakukan sekali setahun. Di mulai dengan berkumpul di tempat yang di tentukan dan berjalan dari kuburan ke kuburan lainnya untuk memanjatkan doa bagi keluarga kita yang bersemayam di sana.
Untuk ibu-ibu dan kaum hawa biasanya mereka akan menyiapkan makanan atau jambau untuk menyambut para laki-laki sepulang dari ziarah. Jambau biasanya di letakkan di mesjid untuk di nikmati bersama-sama oleh para peziarah.
Ziarah Kubur di mulai dari pukul 06.00 pagi hingga jam makan siang. Di Bangkinang atau biasanya di sebut dengan bangkinangs eberang ada beberapa rute atau kampong yang sering mengadakannya. Tapi menurut saya sih yang anggota peziarahnya yang terbesar adalah di kampung pulau. Karena kebanyakan orang kampung pulau yaitu tepi air, pulau bodi, salo seberang, dan rona pulang kampung setelah hari raya idul fitri dari perantauan makanya sangat ramai ketika ziarah kubur atau juga di sebut dengan hari raya 6 ini.
Nah itu dia tu sepintas gambaran dari hari raya 6 atau ziarah kubur yang sering di adakan di Bangkinang. Tapi tidak semua daerah di bangkinang yang mengadakannya lohhh biasanya yang sering mengadakannya hanya di daerah kec. Bangkinang atau bangkinang seberang. Dan ini sudah di lakukan turun temurun.. berikut saya kasih photo-photo yang lumayan kece ketika kegitan ini berlangsunggg… :D sekian dulu episode ocuisme kali ini.. yeahh ocu is me!!.. :D see yaa…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar